Minggu, 09 November 2014

PESONA ZURIATY

PESONA ZURIATY

Sekilas membaca judul tulisan ini langsung pikiran kita membayangkan seseorang perempuan.  Eh.. ternyata nama itu adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Monano yang merupakan mekaran dari Desa Monano pada tahun 2012.  Sejarah mencatat desa ini dinamakan  “ZURIATY” karena   pada zaman dahulu ada seorang perempuan cantik berjalan di dusun ini (karena masih bagian dari desa Monano), tiba-tiba ada binatang buas (Harimau mengejar perempuan ini dan berhasil menyelamatkan diri ke rumah penduduk disekitar dusun itu. Sehingga diambillah nama itu untuk dijadikan nama desa menjadi DESA ZURIATY.
Desa Zuriaty  dengan potensinya
Desa ini terletak di Jalan Trans Sulawesi Pantai Utara , agak masuk ke dalam dan   mempunyai jumlah penduduk 604 orang dengan jumlah  sebanyak 170 KK. Hasil identifikasi hanya lima (5) Kepala Keluarga yang dianggap mampu dari sisi ekonominya. Padahal desa luar biasa potensinya dari sisi pertanian dan perkebunannya. Rata – rata mata pencaharian penduduknya adalah petani (90%). Hasil pertaniannya adalah jagung, cabe, padi lading dan kelapa. Desa ini merupakan salah satu desa yang teralokasikan dengan dana PNPM MPd 2013 maupun 2014. Kegiatannya adalah pembukaan/pengerasan jalan usaha tani serta kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan yang menyentuh mata pencaharian mereka.
Jalan Tani PNPM MPd 2014
Dengan dikomandani Lukman Otoluwa (Mantan Pengurus UPK Anggrek), desa ini kelihatannya mengalami perkembangan. Dari sisi penyediaan infrastruktur, sudah dua akses jalan dibuka menuju ke areal pertanian masyarakat,karena jalan merupakan urat nadi pengangkutan hasil pertanian menuju sentra pasar di Desa Monano.
Satu hal yang perlu dikembangkan di desa ini adalah potensi pertanian yang sangat luas (85%)dari luas desanya. Perlu intervensi pemerintah daerah Kab. Gorontalo Utara untuk memilah/mengklasifikasi lewat survey, kira-kira komoditi apa yang paling cocok untuk tanah pertanian  didesa ini. Kalau melihat topografi desa Zuriaty yang berbukit-bukit, maka secara kasat mata yang paling cocok adalah palawija dan tanaman tahunan lainnya. Namun desa akan berkembang tergantung dari penduduknya untuk bekerja keras mewujudkan impian mereka yang ingin mandiri dan sejahtera dalam segala hal. Semoga tulisan ini  menambah wawasan kita tentang desa Zuariaty  yang ada di Kecamatan Monano itu.

Penulis adalah Faskab PNPM MPd Kab. Gorut(Iwan Puluhulawa, S.Pt)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar