Senin, 08 September 2014

ANTARA KENYATAAN DAN HARAPAN



ANTARA KENYATAAN DAN HARAPAN

Ada hal yang menarik dari Best practice yang dikumpulkan teman-teman Fasilitator Se-Kab. Gorontalo Utara. Best practice yang dimaksud tujuannya adalah  memberikan informasi  kepada semua pihak bahwa ada bagian terpenting yang kita tidak ketahui  ternyata Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan sangat membantu masyarakat yang ada di Provinsi Gorontalo khususnya Kab. Gorontalo Utara. Contoh tulisan yang ada dengan judul “Antara Harapan dan Kenyataan Tahapan MP3KI” Oleh Faskab MPd. Judul Best Practice sangat menarik untuk dibaca lebih lanjut isinya. 
 
Kunjungan Lapangan oleh Faskab Kabupaten Gorontalo Utara

Program ini dirancang khusus oleh Kementrian Perencanaan Nasional dengan melihat kondisi bahwa masih ada 11 persen lebih orang miskin di Indonesia yang perlu di entaskan. MP3KI dirancang pada tahun 2013 namun mulai dilakukan diberlakukan pada tahun 2014 sebagai Pilot Project pada puluhan kecamatan di sebagian wilayah Indonesia. Lanjutan

Salah satu lokasi MP3KI di Provinsi Gorontalo adalah Kec. Tolinggula Kabupaten  Gorontalo  Utara  dengan  anggaran  hampir  3  Milyar. Pertama kali muncul di Kabupaten Gorontalo Utara program ini seolah-olah menyaingi program-program sebelumnya terutama PNPM Mandiri Perdesaan. Namun ternyata program ini hanyalah bagian dari PNPM MPd seperti program PNPM MPd GSC.  Sehingga dalam perjalanannya baik mulai proses perencanaannya saling mengisi dengan perencanaan PNPM MPd.
            Tulisan diatas memberikan gambaran bahwa  Tahapan MP3KI penuh dengan aturan-aturran yang baru, sehingga perlu diseminasi yang berulang-ulang baik kepada Fasilitatornya maupun pelaku-pelaku ditingkat kecamatan dan desa. Hal ini disebabkan karena program ini baru dan ada beberapa perubahan dalam lembaga pengelola program ini pada saat pelaksanaannya.
Semoga MP3KI dapat mengurangi rumah tangga yang miskin minimal meningkatkan derajat masyarakat yasng tadinya miskin menjadi hampir miskin. (Asmis Kab)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar